Pilihan Obat Sakit Gigi

Pilihan Obat Sakit Gigi, sakit gigi tak kunjung sembuh apa obatnya, bahaya sakit gigi berkepanjangan, obat dentasol, doa sembuh sakit gigi, sakit tak kunjung sembuh menurut islam, berapa lama sakit gigi berlangsung, penyebab sakit gigi berlubang kambuh, obat oles sakit gigi

Sakit gigi merupakan kondisi yang menimbulkan rasa sakit, linu serta nyeri yang tidak tertahankan di gigi. Faktor pemicunya bisa diakibatkan gigi kropos atau berlubang, gingivitis, karies gigi dan yang lainnya.

Di dalam gigi terdapat pulpa gigi dengan strukturnya seperti pembuluh darah, jaringan dan saraf-saraf yang sensitif. Sakit gigi disebabkan pulpa gigi yang meradang, sehingga menimbulkan rasa ngilu, sakit, bengkak pada area dekat gigi.

Inflamasi tersebut penyebab adanya akumulasi nanah pada dasar gigi karena infeksi bakteri, gigi kropos, gusi menyusut dan gigi rusak. Secara umum orang yang sedang sakit gigi sangat emosional dikarenakan gejala itu tadi seperti pusing, pipi bengkak dan rasa sakit di area rahang dan gigi.

Cara untuk mengantisipasi supaya tidak timbul sakit gigi tentunya menjaga kebersihan mulut dan gigi. Rajin menyikat gigi dan mengganti sikat gigi yang terlihat menguning serta tidak beralih pasta gigi.

Sebenarnya telah banyak yang paham cara untuk mengobati sakit gigi, tetapi akan di bahas kembali tentang cara mengobati sakit gigi dengan bahan-bahan berikut ini :

  • Air Garam

Dengan menggunakan air garam yang beryodium dapat dimanfaatkan untuk pereda rasa sakit dan ngilu pada gigi. Selain itu air garam dapat membunuh infeksi bakteri dan kuman di gigi.

Cara Pengobatan :

1. Sediakan garam 3 atau 4 sendok makan.
2. Larutkan garam pada air hangat dan aduk hingga larut.
3. kumur-kumur hingga 1 menit.
4. Pengobatan ini tidak boleh rutin, sebab jika berlebihan membuat gigi kropos.

  • Bawang putih

Sama halnya dengan air garam, bumbu masakan ini bisa dijadikan obat tradisional sakit gigi. Bawang putih bersifat antiseptik yang bisa membasmi kuman hingga ke sela-sela gigi. Cara pemakaianya ditempelkan 1 siung bawang putih yang sudah ditumbuk pada gigi yang sakit.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis termasuk bahan yang mudah di cari untuk obat sakit gigi. Cara ini bisa di konsumsi sebagai jus atau dioleskan pada area gigi yang sedang sakit.

  • Serai

Cara mengobati gigi untuk yang satu ini tidak perlu repot-repot minum obat sakit gigi, anda hanya perlu menyiapkan serai atau sereh dan air panas 2 gelas. Rebuslah kedua bahan tersebut hingga tersisa segelas untuk di minum. Biarkan untuk dingin sementara, baru kemudian berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang.

  • Cabe rawit

Siapa sih yang nggak suka dengan cabe rawit ? tentunya kebanyakan orang lebih menu masakan yang pedas-pedas. Cabe rawit membantu mengatasi peradangan pada gigi, sebab kandungan senyawa capsaisin. Caranya tumbuk cabe rawit secukupnya dan seduh dengan air hangat. Pakailah untuk berkumur-kumur sampai sakit dan linu pada gigi sembuh.

  • Getah  jarak

Getah jarak adalah obat tradisional yang efektif untuk pengobatan sakit gigi. Caranya hanya perlu meneteskan getah daun jarak pada gigi yang sakit. Biarkan selama setengah jam agar obat bereaksi, lalu kumur-kumur dengan air hangat.

  • Teh hangat tanpa gula

Nah, mungkin cara ini terbilang sederhana. Tetapi siapa sangka dengan hanya meminum segelas teh hangat tanpa gula akan memberi efek yang baik dalam meredakan sakit gigi.

  • Kayu Putih

Kayu putih bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi tradisional. Caranya hanya perlu mengoleskan pada gigi sakit yang tidak tertahankan atau sedikit di kumur-kumur langsung.

Demikian bahasa kali ini mengenai cara mengobati sakit gigi. Semoga bahasan yang di buat dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Salam sehat !

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *