Penyakit Parkinson Disebabkan Oleh Neurotransmitter

Penyakit parkinson disebabkan oleh neurotransmitter – Penyakit parkinson sering kita jumpai pada kalangan manula atau lanjut usia. Mereka sering kali mengalami masalah gangguan sistem saraf pusat seperti tremor atau gemetaran halus pada area tangan. Tahukah anda bahwa penyakit Parkinson disebabkan oleh neurotransmitter?

Neurotransmitter merupakan senyawa organik endogenus yang membawa sinyal diantara neuron. Neurotransmitter terbungkus oleh vesikel sinapsis sebelum dilepaskan bertepatan dengan datangnya potensial aksi.

Neurotransmitter merupakan sejenis bahan kimia yang bertugas memalsukan informasi ke dalam sel saraf dengan cara melekatkan diri pada bagian tertentu dari sel saraf. Karena neuron (sel saraf) mempunyai bagian khusus yang tidak dapat dilekati terkecuali oleh pasangannya.

Silahkan klik juga =>>> Penyebab Penyakit Parkinson

Terdapat neurotransmitter otak yang mesti anda ketahui sebagai penyebab terjadinya penyakit parkinson diantaranya :

■ Dopamin

Dopamin bertugas khusus mengatur gerak otot tubuh kita dan membentuk postur tubuh agar proporsional. Kekurangan neurotransmitter jenis ini akan berpotensi besar pada penyakit parkinson.

■ Endorfin

Fungsinya untuk mengurangi rasa sakit, sehingga menjadikan rasa rileks secara fisik dan mental. Endorfin dikenal pula sebagai morfin yang ada dalam tubuh.

■ Asam Glutamin

Dengan terdapatnya kadar asam maka segala informasi yang ada dalam benak akan terlihat atau diingat kembali.

■ Asam Gama Amoninobutirat

Bertugas dalam meredam kecepatan transmisi sinyal pesan antar neuron (sel saraf). Apabila kekurangan atau bahkan neurotransmitter jenis ini maka suhu panas otak akan meningkat derastis.

■ Asettilkolin

Neurotransmitter jenis ini bertugas menjaga perpustakaan dan menyimpan berbagai materi yang di hafal.

■ Noradrenalin

Noradrenalin bertugas menjadikan otak tetap sadar dan fokus yang mirip dengan hormon adrenalin. Tidak hanya itu fungsinya pun adalah merangsang hasrat seksual dan meredam nafsu makan. Noradrenalin sering diproduksi bagi mereka yang sedang di mabuk asmara.

■ Serotonin

Jenis neuro transmitter yang berfungsi menjadikan tubuh merasakan tenang, rileks, memelihara emosional agar stabil dan menjadikan tubuh untuk terlelap tidur. Apabila kekurangan atau tidak terdapat neurotransmitter tersebut maka berdampak buruk baik pada prilaku dan kesehatan.

Dari kesemua jenis neurotransmitter yang tercantum diatas jenis dopamin dan inilah  yang menjadi penyebab penyakit lanjut usia seperti parkinson. Penyakit parkinson disebabkan oleh Neurotransmitter memanglah benar adanya dan merupakan hasil riset para pakar kesehatan di bidang yang bersangkutan. Namun, perlu diperhatikan bahwa penyebab parkinson pada kalangan manula masih dalam proses kajian secara detail.