Obat Parkinson

untuk semua usia bersertifikasi HALAL, DEPKES RI, dan BPOM RI yang aman tanpa menimbulkan efek samping

Metode Penanganan Keseleo Pada Orang Dewasa

Keseleo dan terkilir merupakan bahasa umum dari cedera otot. Dalam bahasa medis, terdapat dua istilah yang mengacu perbedaan makna yaitu sprain dan strain atau dinamakan keseleo dengan terkilir. Terkilir atau pun keseleo dapat terjadi pada semua usia dari anak-anak hingga dewasa. Namun, dalam hal ini kebanyakan orang dewasa yang lebih mendominasi kondisi tersebut.

cara mengobati keseleo pada engkel kaki, cara mengobati keseleo pergelangan kaki, kaki keseleo berapa lama, cara mengurut keseleo yang benar, nama obat keseleo di apotik, obat keseleo lutut, lama penyembuhan keseleo, obat keseleo tangan

Berikut hal dasar yang membedakan dua pengertian tesebut antara lain :

Sprain merupakan cedera yang muncul akibat peregangan berlebihan atau kerusakan ligamen juga kapsul sendi.  Sedangkan strain yang berarti cedera akibat rusaknya otot atau tendon serta peregangan urat yang berlebihan.

Antara persendian saling terhubung oleh jaringan ikat atau ligamen. Otot tubuh dapat menempel pada sendi dengan bantuan tendon atau jaringan ikat. Dapat dikatakan sprain (keseleo) merupakan cedera sendi yang umumnya meliputi robek ringan pada ligamen juga kapsul sendi. Zona yang sering dirasakan ketika keseleo adalah jempol, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

Terkilir yang berarti strain merupakan cedera pada tendon atau pada otot itu sendiri. Area tubuh yang sering terkilir adalah betis, selangkangan, otot paha belakang, punggung serta kaki.

Cedera pada ligamen berkaitan dengan tingkat keparahan keseleo diantaranya sebagai berikut :

Sprain kelas I Terdapat peregangan ringan pada ligamen yang tidak berisiko pada keseimbangan sendi.

Sprain kelas II seperti robeknya sebagian kecil ligamen yang tidak berisiko pada sendi.

Sprain kelas III  Keseleo yang cukup serius, terdapat robekan parah pada ligamen dan sendi menjadi tidak seimbang.

Penyebab Keseleo

Sprain dan strain merupakan 2 kategori cedera jaringan lunak, Jaringan lunak terbentuk dari kumpulan serat tubuh. Otot juga tendon memiliki sel-sel yang memantau tingkat kontraksi dan peregangan. Melalui aktivitas rutin, otot juga tendon memanfaatkan kontraksi ringan untuk mencegah peregangan berlebihan. Akan tetapi, gerakan mendadak dengan intensitas kuat dapat memberikan gaya tekan sangat kuat terhadap jaringan, menjadikan serat meregang melebihi kapasitas lalu akhirnya robek.

Perdarahan pada pembuluh darah dari keseleo tersebut memicu pembengkakan. Tidak hanya itu, keseleo juga akibat dari jatuh, terpeleset, terpelintir bahkan bisa juga tekanan tubuh yang mengakibatkan sendi bergeser dan memicu robeknya ligamen. Sedangkan untuk terkilir dapat dipicu oleh tarikan atau terpelintir, overstressing dan mengangkat beban terlalu berat.

Gejala Keseleo

Berikut gejala dan tanda keseleo atau pun terkilir yang sering dikenali diantaranya kondisi keseleo seperti nyeri, memar, bengkak serta sukar untuk menggerakan sendi. Sedangkan untuk terkilir misalnya nyeri, spasme otot, kelemahan otot, bengkak, kram, sukar untuk menggerakan otot. Keseleo mengakibatkan munculnya peradangan atau perdarahan pada ligamen. Umumnya lutut, kaki dan tungkai akan sulit digerakan saat terjadi cedera.

Diagnosis Keseleo

Dalam hal memperoleh diagnosis yang sesuai, ahli medis akan melakukan tes pemeriksaan diantaranya seperti tanya jawab akan aktivitas fisik yang baru saja dilakukan sebelum keseleo, penanganan atau pengobatan apa saja yang sudah dilaksanakan juga tidak luput dari pemeriksaan sendi.

Metode penyinaran X-ray, USG, MRI scan, juga meminta pasien untuk menggerakan atau meletakan beban pada  area yang sakit. Tidak hanya itu pindai x-ray pun bagian dari rekomendasi dokter untuk pasien yang berusia diatas 55 tahun juga untuk pasien yang pernah mengalami cedera lutut hingga akhirnya terjadi keretakan besar pada tulang.

Metode penanganan keseleo yang umum terjadi pada semua usia antara lain melalui RICE. Metode RICE atau singakatan dari Rest ( istirahat), Ice ( Es), Compression serta Elevation (Pengangkatan). Metode ini berguna dalam menangani cedera jaringan lunak seperti otot, ligamen dan sebagainya. Metode yang merupakan awal pertolongan pertama saat terjadi cedera yang selanjutnya dilakukan dengan pengobatan medis. Oleh karena itu, penting sekali untuk membatasi aktivitas fisik yang berlebihan baik anak-anak juga orang dewasa.

Demikian ulasan tentang metode penanganan cedera jaringan lunak seperti keseleo pada orang dewasa. Mudah-mudahan apa yang disampakain kali ini dapat bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Obat Parkinson © 2017 Frontier Theme