Metode Mencegah Penyakit Mata Glaukoma Pada Usia Lanjut

Glaukoma merupakan jenis penyakit mata dengan gejala secara tidak langsung dan bertahap dimana penglihatan akan semakin menurun yang berujung pada kebutaan. Hal demikian dikarenakan terhambatnya saluran cairan yang keluar dari bola mata sehingga bola mata membesar lalu mendorong saraf mata yang terletak di belakang mata. Setelah tertekan saraf mata, maka tidak mengalir darah yang menjadikan saraf mata mati. Penyakit ini lebih rentan menghinggapi kalangan usia lanjut atau manula.

obat mata glaukoma tradisional, penyebab glaukoma pada mata, obat tetes mata glaukoma, ramuan tradisional untuk penyakit glaukoma, apakah glaukoma bisa disembuhkan, obat mata glaukoma akut, mengobati glaukoma tanpa operasi, obat mata glaukoma berkhasiat

Faktor penyebab utama glaukoma berupa penekanan di dalam mata akibat terbentuknya cairan mata berlebih, atau juga sebab terhambatnya saluran produksi cairan mata. Gaya tekan tersebut memicu kerusakan serabut saraf mata dan saraf optik antara mata dengan otak.

Tekanan bola mata lebih dari 20mmHg sangat berpengaruh, terlebih kondisi lainnya di picu oleh penyakit diabetes melitus, tekanan darah tinggi. Selain itu dapat juga disebabkan oleh sakit kepala sebelah, emosi tidak stabil, terhimpitnya pembuluh darah mata.

Adapun mengenai gejala umum glaukoma diantaranya sebagai berikut :

■ Sakit mata.

■ Pusing.

■ Adanya bayangan yang terlihat pada putaran cahaya.

■ Mata terlihat merah.

■ Mual dan muntah.

■ Mata berkabut (terutama pada bayi).

■ Penglihatan yang terus menurun lalu berujung pada kebutaan.

■ Penglihatan buram bila melihat lampu atau cahaya.

■ Pembengkakan pada bola mata.

■ Merasa ingin berkedip selalu.

Kategori Penyakit Mata Glaukoma

Terdapat beberapa kategori glaukoma yang lebih umum terjadi diantaranya sebagai berikut :

Glaukoma sudut tertutup akut. Kondisi ini berupa nyeri mata, penglihatan buram berkabut,

Glaukoma sudut terbuka primer kategori yang sering dijumpai pada orang dewasa dan bersifat turunan atau di picu dari faktor genetika (keluarga).

Glaukoma sekunder. Kondisi ini diakibatkan gangguan lain berupa katarak, diabetes, trauma, arthritis, obat tetes mata atau juga operasi mata.

Glaukoma kongenita.Glaukoma kongenital pada umumnya terjadi saat kelahiran atau pasca kelahiran bagi. Umumnya diakibatkan gangguan pada sistem saluran pengeluaran cairan bola mata. Setelah itu sang bayi matanya membengkak dan berair serta sensitif terhadap cahaya

Faktor-faktor yang berisiko terserang penyakit mata glaukoma antara lain :

○ Tekanan bola mata berlebihan.
○ Rabun jauh.
○ Tekanan darah tinggi.
○ Sakit kepala sebelah.
○ Penghimpitan pembuluh darah otak.
○ Cedera traumatis akibat kecelakaan kepala.
○ Penggunaan obat mata steroid terus menerus.
○ Diabetes.
○ Riwayat glaukoma pada keluarga.
○ Faktor usia yang lebih dari 45 tahun.
○ Riwayat operasi mata.

Pengobatan Penyakit Mata Glaukoma

Bagi kalangan usia lanjut mesti dibutuhkan penanganan medis. Sebab penyakit glaukoma tidak dapat diobati dan pulih seperti sedia kala. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk senantiasa memeriksakan penglihatan ke dokter spesialis.Sekian ulasan tentang metode atau cara mencegah penyakit mata glaukoma pada usia lanjut. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Posted By : Obat Parkinson