Hernia Nucleus Pulposus

Banyak orang yang belum mengenal tentang istilah penyakit yang satu ini seperti Hernia Nucleus Pulposus. tapi sebenarnya penyakit ini kalau dalam bahasa indonesia tentunya sudah banyak orang yang tau, dan saya disini cuma memberitahukan tentang arti atau definisi dari penyakit tersebut yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semuanya yang mengunjungi website obatparkinson.info . Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini.

Hernia Nucleus Pulposus

Obat ParkinsonHernia Nucleus Pulposus (HNP) atau lebih dikenal dengan Syaraf Terjepit merupakan suatu gangguan yang diakibatkan oleh merembes atau menonjol dan meleleh (hernia) pada lapisan bantalan di permukaan ruas tulang belakang (nucleus pulposus) dari ruang antara rus tulang (discus interbertebralis). Merembes atau menonjolnya HNP tersebut dapat menyebabkan penekanan pada syaraf tulang belakang dan syaraf tepi (saraf yang berasal dari saraf tulang belakang). Seperti halnya nyeri pungung, HNP paling sering terjadi di daerah punggung bawah atau disebut dengan HNP lumbalis, dan paling sering hampir 90% mengenai diskus invertebralis L5-S1 dan L4-L5. HNP pada daerah punggung atas sampai dengan leher jarang terjadi dan terjadinya cuma sekitar 8% saja dari seluruh kasus HNP. HNP lumbalis atau punggung bawah akan kembali membaik dalam jangka waktu kurang lebih 6 minggu dan tindakan pembedahan jarang diperlukan terkecuali dalam keadaan tertentu.

Penyebab Hernia Nucleus Pulposus atau Saraf Terjepit

  • Meroko
  • Batuk yang terlalu lama
  • Cara duduk yang salah
  • Terlalu sering menyetir
  • Cara mengangkat barang yang salah
  • Seiring dengan bertambahnya usia
  • Kemampuan cakram tulang yang menurun

Faktor-faktor diatas dapat menyebabkan terjadinya HNP yaitu keluarnya suatu organ melalui celah dalam tubuh. HNP dapat dianalogikan juga seperti terjadinya “turun bero” tetapi terjadi pada daerah tulang belakang. Penonjolan ini kemudian akan menerkan saraf yang berjalan dibelakang, penekanan inilah yang menimbulkan keluhan. Keluahnya dapat berbagai macam dari nyeri pinggang, kesemutan di tungkai, hingga sakit yang luar biasa pada tungkai hingga berjalanpun sakit sekali.

Gejala Hernia Nucleus Pulposus atau Saraf Terjepit

Gejala pada HNP atau saraf terjepot tergantung pada saraf mana yang terpengaruh. Setiap saraf mempunyai tanggung jawab untuk mengirim informasi ke bagian spesifik tubuh. dan gejala-gejala yang paling umum dari saraf kejepit atau HNP adalah :

  • Nyeri
  • Mati rada
  • Kesemutan
  • Kelemahan otot sepanjang alur saraf

Diagnosis Hernia Nucleus Pulposus atau Saraf Terjepit

Selain berdasarkan gejala-gejala yang dialami oleh penderitam cara terbaik untuk mengetahui aanda terkena HNP adalah dengan melakukan pemeriksaan MRI. Selain itu, untuk memastikan bahwa HNP yang ditemukan pada MRI memang menjadi penyebab keluhan penderita, perlu dilakukan pemeriksaan EMG (pemerisaan fungsi hantaran saraf).

Perlu anda ketahui bahwa HNP tidak terlihat pada foto rontgen biasa. Pada pasien HNP, foto rontgen dilakukan untuk menentukan ada dan tidaknya HNP, tetapi untuk mengesampingkan kelainan-kelainan lain selain HNP yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Nah itulah penjelasan dari jenis penyakit Hernia Nucleus Pulposus atau lebih dikenal dengan saraf kejepit, mudah-mudahan penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk ada semuanya.

Hernia Nucleus Pulposus

reposted by : obatparkinson.info