Cara Mengobati Penyakit Parkinson Secara Alami

Salah satu jenis penyakit paling sering dialami oleh sebagian kecil kalangan manula diantaranya jenis penyakit yang menyerang sistem saraf pusat di kepala yaitu penyakit parkinson. Penyakit parkinson merupakan jenis penyakit dengan dampak terjadinya gangguan pergerakan dan fungsi motorik otak manusia.

Gejala dari adanya penyakit parkinson dapat mengganggu kelancaran sistem pergerakan otot dan jaringan saraf sehingga akan sangat sulit dalam mengawali pergerakan, berbicara terus menerus sendirian, sukar menelan dan munculnya kejadian gemetaran halus di jari tangan secara mendadak tanpa mengenggam atau mengangkat benda apa pun.

Diantara pemahaman akan pengertian mengenati penyakit parkinson yang umum terjadi pada kalangan manula diantaranya sebagai salah satu jenis penyakit degeneratif pada sistem saraf dengan mengakibatkan kehilangan gerakan yang disengaja dan gangguan fungsi motorik.

Melalui kejadian penyakit parkinson pada manula, dimana fungsi kerja otak dalam mengontrol pergerakan otot menerima tingkat rendah dopamin secara umum. Dopamin sebagai hormon dan senyawa kimia yang dibutuhkan untuk melakukan koordinasi gerakan yang sesuai, memengaruhi suasana hati dan daya ingat. Maka oleh sebab itu gejala yang lebih sering dialami oleh manula dengan keluhan penyakit parkinson akan tertekan psikisnya mudah cemas, mudah tersinggung dan susah untuk tidur.

Definisi penyakit parkinson pada manula sebenarnya merupakan kelainan neurologis (bagian saraf pusat otak) degeneratif sangat parah alias kronis dengan dianalisa lebih lanjut akibat faktor pemicu genetika dan lingkungan sekitar.

Kriteria jenis penyakit parkinson manula diantaranya tremor, kaku dalam jaringan otot, koordinasi gerak tidak seimbang sehingga mudah jatuh tersungkur atau pun terjerembab dan gemetaran area kaki saat berjalan. Menurut catatan hasil kajian medis sehingga jenis penyakit parkinson pada manula ini kronis dan membutuhkan perawatan dalam jangka panjang. Maka gejala dari penyakit ini juga akan lama kelamaan parah seiring pertambahan usia.

Dalam hasil penelitin untuk membantu merawat kesehatan mencegah gejala lebih buruk dari parkinson maka terdapat berbagai solusi sederhana agar manula bisa normal dan pulih dari kondisinya tersebut. Berikut merupakan cara mengobati penyakit parkinson secara alami diantaranya :

■ Terapi pelatihan gerakan dari rasa kaku

Pada umumnya kalangan manula terjangkit parkinson akan sukar dalam berjalan, kaku, berjalan dengan cara kaki di seret, tremor (gemetaran halus) saat istirahat. Melalui kegiatan olahraga secara teratur dan tidak memberatkan bisa membantu penyandang penyakit parkinson bergerak dengan leluwasa. Gejala lainnya dari kondisi parkinson diantaranya kaku dalam berbicara, sering mengulang kata-kata dan topik yang terus menerus di ulang maka sangat penting melakukan terapi gerakan otot rahang dengan berbagai terapi wicara.

■ Mencoba menenangkan pikiran

Menenangkan pikiran tentunya akan membantu penyandang penyakit parkinson untuk tidak mudah cemas, gelisah, tidak mudah tersinggung dan sebagainya. Latihan olah nafas, bermeditasi dan beribadah tentunya akan menjadikan hati terkontrol dan pikiran menjadi tentram.

■ Melakukan terapi akupuntur

Banyak sekali kegiatan dalam membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan dari jenis penyakit manula seperti parkinson diantaranya terapi akupuntur. Kalangan manula yang sering melakukan pijatan khusus akan merasakan nyaman di bagian saraf pusat kepalanya sehingga dapat membantu mengurangi gejala parkinson yang terjadi.

■ Konsumsi makanan sehat alami

Makanan sehat dan alami dapat memberikan kandungan antioksidan yang tepat guna mengurangi rusaknya jaringan saraf akibat radikal bebas dan menyebabkan peradangan di bagian sel saraf pusat. Diantaranya makanan serba alami dan menyehatkan berupa sayuran hijau organik dan buah-buahan segar.

■ Konsumsi makanan kaya akan serat

Pada umumnya kalangan manula yang sedang sakit parkinson lebih cenderung konstipasi sering kekurangan cairan tubuh. Sangat penting bagi kalangan yang sudah lanjut usia rutin konsumsi makanan kaya serat dalam membantu mencegah sulit buang air besar.

■ Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh 

Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh dapat membantu penyandang parkinson cegah terganggunya vitalita neurologis. Selain itu memberikan manfaat agar terbebas dari gangguan mental berupa perasaan tidak mood, cemas, gelisah dan gundah gulana.

■ Minyak essensial nabati 

Berbagai jenis minyak essensial tumbuhan alias nabati termasuk dalam minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E berperan dalam produktivitas utama antioksidan. Tidak hanya itu minyak essensial nabati memberikan kandungan cukup baik berupa omega 3 asam lemak untuk memacu peningkatan produktivitas dopamin dan mencegah peradangan di saraf pusat.

■ Konsumsi makanan kaya akan protein seperti telur dapat membantu mengurangi gejala penyakit parkinson pada manula.

■ Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi mineral penting bagus untuk sistem pencernaan manula.

■ Teh hijau

Di alam raya besar dan luas ini ini sangat banyak tersedia jenis teh segar dan menyehatkan, tetapi hal yang patut direkomendasikan bagi kalangan manula yang sedang sakit parkinson bisa mencoba konsumsi teh hijau. Teh hijau ini kaya akan nutrisi antioksisan dan polifenol dalam melawan oksidasi penyebab radikal bebas yang merusak sehingga muncul peradangan. Ini juga mengandung theanine, yang meningkatkan kadar dopamin di otak.

Koenzim Q10 sebagai bagian dari antioksidan cukup besar dalam memengaruhi keseimbangan potensi gangguan penyakit parkinson. Bukan hanya itu berbagai asupan nutrisi multi vitamin, dari mulai vitamin A, C, E dan semua jenis vitamin membantu mencegah gejala penyakit parkinson.

Berlainan dengan jenis makanan yang satu ini malah dari kebalikannya untuk penyandang penyakit parkinson dimana makanan ini sangat tidak dianjurkan sama sekali berikut diantaranya dan alasannya :

■ Alkohol

Kendati alkohol termasuk pada jenis minuman, namun alkohol sebagai salah satu media racun saraf yang akibatnya merusak sistem saraf pusat. Bukan saja alkohol , seperti sebatang rokok dan zat kafein berlebihan merusak sistem saraf pusat pemicu parkinson.

■ Makanan dengan pemanis buatan kimia. Makanan jenis ini tentu melemahkan fungsi kerja otak manula sehingga pengaruhnya besar sekali pada kejadian parkinson.

■  Makanan dengan cara diolah dan siap saji. Makanan dengan bumbu racik buatan berbahan dasar kimia tentu menjadikan racun saraf bagi tubuh manula.

■ Makanan yang memicu alergi pada manula dapat memperburuk kondisi manula yang terjangkit parkinson.

Itulah mengenai cara mengobati penyakit parkinson secara alami baik melakukan latihan khusus, terapi dan juga asupan makanan yang menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *