Obat Parkinson

untuk semua usia bersertifikasi HALAL, DEPKES RI, dan BPOM RI yang aman tanpa menimbulkan efek samping

Cara Mengobati Gemetaran ( Tremor )

Tremor atau gemetaran di tubuh yang umumnya terjadi dan terlihat pada tangan. Gemetaran ini akan memicu masalah rutinitas dalam bekerja, belajar misalnya menulis, mengetik dan melakukan aktivitas lainnya.

cara menghilangkan tremor tanpa obat, cara mengatasi tremor karena gugup, latihan menghilangkan tremor, obat tremor di apotik, obat tradisional tangan gemetar, penyakit tremor bisa sembuh, cara menghilangkan gemetaran saat gugup, obat tremor esensial

Kebanyakan orang merasa cemas dan takut bila tremor atau gemetaran itu terjadi pada dirinya sendiri. Hal ini akibat dari masalah neurologis otak misalnya gejala parkinson. Akan tetapi, perlu pemahaman agar tidak cemas, sebab ada berbagai faktor pemicu gemetaran atau tremor.

Tremor dapat dibedakan menjadi 2 kategori antara lain :

  1. Tremor fisiologis seperti gemetaran pada kalangan normal yang disebabkan ketegangan, kelelahan, kecemasan dengan munculnya tremor pada jari tangan, kedua tangan dalam sesaat.
  2. Tremor patologis bisa diakibatkan karena keturunan, penyakit parkinson, obat-obatan tertentu, gangguan hormonal, penuaan, serta gangguan saraf pusat di otak.

Faktor-faktor pemicu tremor

■ Fight or Flight

Teknik tubuh seseorang  ketika melakukan adrenalin menantang dan mengancam diri sendiri. Dengan begitu, terjadi peningkatan hormon adrenalin pada laju darah. Bila hormon ini terus meningkat maka akan mudah merasa cemas. Sehingga akan mengakibatkan gemetaran entah dari kaki, tangan, bahkan bisa juga pada seluruh tubuh.

■ Hipertiroid

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan dari leher yang mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lainnya. Hipertiroid berarti keadaan tubuh, dimana metabolisme berlebihan dan terlalu banyak menguras tenaga. Hal ini bisa memicu penurunan berat badan dan kelehan.

■ Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Zat gula didapat dari makanan yang kita cerna dan serap. Apabila anda belum sarapan atau kaget ( shock ) disebabkan trauma, kadar gula darah tubuh terjadi penurunan yang mengakibatkan gemetarannya seseorang.

■ Terlalu Lelah

Olahraga yang berlebihan sehingga menimbulkan kelelahan dapat memicu kram otot dan otot-otot tubuh menjadi tegang serta lemah.  Tremor pada tungkai kaki bisa terjadi akibat seseorang terlalu capek dalam berolahraga misalnya fitnes.

■ Kafein yang berlebihan

Kafein merupakan zat alkaloid yang berperan sebagai stimulan perangsang bagi sistem saraf pusat dan perangsang tubuh. Bila mengkonsumsi kafein seperti kopi berlebihan, makan efeknya bisa menenangkan saraf yang memicu risiko gemetaran di tangan atau anggota tubuh lainnya.

■ Merokok

Merokok adalah kegiatan menghisap nikotin, dimana nikotin ini bisa merusak sambungan neuromuskuler yang mengakibatkan gangguan otot menjadi gemetaran otot tidak sadar.

■ Kerusakan saraf dan otak

Pemicu lainnya bisa diakibatkan rusaknya saraf atau ada gangguan saraf di beberapa anggota badan misalnya cedera di kepala, tumor otak, kanker otak, stroke. Tidak hanya itu obat-obatan tertentu pun bisa menyebabkan tremor terjadi pada seseorang seperti obat anti-depresan dan obat asma.

■ Parkinson

Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran. Parkinson muncul saat saraf yang membuat dopamin berperan dalam mengendalikan pergerakan otot menjadi rusak. Maka, hal yang terjadi adalah saat rilek atau bergerak mengalami gemetaran.

■ Pemabuk

Para pemabuk akan cenderung mengalami tremor atau gemetaran yang relatif tinggi. Jika mereka tiba-tiba berhenti  saat minum maka yang terjadi adalah tremor atau gemetaran, keringat berlebih, pusing, mual, muntah dan detak jantung berdebar tinggi.

Cara mengobati tremor atau gemetaran dapat melakukan langkah-langkan seperti di bawah ini :

  1. Penanganan medis baik berupa perawatan secara intensif, operasi juga obat-obatan bila dibutuhkan dalam mengurangi gejala gemetaran tersebut.
  2. Melalui mediasi akupuntur yang bisa dijadikan alternatif lain untuk mengendalikan pergerakan saraf yang tidak sadar.
  3. Menghilangkan gaya hidup tidak sehat seperti menghilangkan kebiasaan minum minuman keras, sebab bisa berpengaruh besar dalam kerusakan saraf pusat dan memperparah gemetaran.
  4. Mengurangi konsumsi kafein seperti kopi. Kopi ini adalah zat perangsang yang melepaskan hormon adrenalin di tubuh sehingga berdampak pada gemetarnya seseorang.
  5. Tidak memikul beban yang berbobot tinggi.

Demikian bahasan kali ini mengenai cara mengobati tremor atau gemetaran. Mudah-mudahan bahasan kali ini dapat bermanfaat. Mohon maaf bila dalam tulisan ini ada kekurangan. Sekian dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Obat Parkinson © 2017 Frontier Theme